Pages

"jangan menyerah untuk jadi yang terbaik karena kita di ciptakan untuk jadi pemenang"
mari sama-sama kita belajar dan berlatih. kalo ada saran ke twitter ama facebook ane aja gan :D

Kiper Futsal Pada Saat Bermain

Kiper Futsal in Game
1.sabar ketika diserang.:

area penalty dimana kiper boleh menggunakan tangan,lebih kecil dari sepakbola. jika keluar dari area ini terlalu cepat, kiper akan tidak mempunyai ruang untuk dikover (karena tidak memakai tangan) dan salah posisi.perhatikan jarak bola dengan pemain lawan untuk menentukan timing maju atau kondisikan agar titik temu di garis ujung penalty luar.


2.Pergunakan Kakimu.:

Area Penalty yang kecil berarti kiper perlu keluar dari area tsb untuk membantu membuang bola liar.gunakan kesempatan untuk membantu passing.bersiap untuk backpass,dan membuang bola umpan jauh/tarik dari musuh.

3.Mengkoordinasi pertahanan.:

karena tidak ada offside, kiper akan sering menghadapi situasi 1 vs 2.pastikan defendermu 1 hati, maksudnya mengkover area yang tidak dapat dikover kiper,jika ada 1 defender melawan 2 penyerang musuh, apakah defender mempressing pembawa bola atau menghadang pemain 1nya?klo ane lebih memilih agar defender menghadang teman yang satunya karena ane lebih merasa dapat menghentikan pembawa bola..tepi terserah agan2 yang penting dikoordinasikan terlebih dahulu

4.Handling Back Passes

Seorang kiper kadang harus siap untuk alternative passing, namun jika miskomunikasi dapat menyebabkan terjadinya gol.
1.kiper harus meminta bola, jangan pernah backpass ke kiper yang tidak siap.
2.kiper harus memposisikan diri diluar penalty area sehingga memudahkan pass
3.back pass harus dalam kecepatan sedang dan jauh dari tiang gawang.
4.ketika menerima bola, harus segera dioper/tendang kembali secepat mungkin.cukup 1-2 sentuhan

banyak defender miskomunikasi dengan kiper dan bola passing di potong oleh lawan.namun dengan memperhatikan hal2 diatas, backpass menjadi opsi permainan untuk keluar dari tekanan lawan.